web sekolahKebutuhan website di era digital kali ini tidak hanya berlaku pada perusahaan saja, melainkan juga instasi pemerintahan, seperti sekolah. Bahkan, di jaman sekarang kebutuhan website untuk sekolah bukanlah hal yang baru lagi. Terlebih lagi dengan kemudahan dan biaya yang relatif murah hingga terjangkau dalam pembuatan website sekolah. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat website sekolah dengan harga terjangkau dan gratis bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Manfaat website untuk sekolah

Banyak sekali manfaat cara membuat website sekolah, baik untuk kepala sekolah, komite sekolah, guru siswa hingga masyarakat. Untuk kepala sekolah sendiri, website sangat berguna untuk memudahkan terwujudnya visi dan misi sekolah serta sarana promosi profil sekolah. Sedangkan untuk komite sekolah, website sekolah sangat penting untuk lebih mudah untuk pemantauan kondisi sekolah dan lebih mengerti kebutuhan sekolah untuk memajukan sekolah.

Tidak hanya itu saja, website juga berguna untuk guru sebagai membantu siswa, komunikasi online, sarana belajar dan meningkatkan kompetensi. Manfaat yang paling dirasakan adalah dari siswa. Di mana website berguna untuk sarana belajar, informasi, mengembangkan kreatifitas siswa, meningkatkan hasil belajar, mengerjakan tugas dan masih banyak lagi.

Cara buat website sekolah

Begitu banyak manfaat website sekolah, maka dari itu membuatnya akan sangat berguna. Berikut ini ada beberapa cara membuat website sekolah yang murah dan mudah.

  1. Menggunakan blog

Cara membuat website sekolah bisa menggunakan platform online gratis seperti blog. Bahkan cara yang membuatnya juga cukup mudah dilakukan. Cukup ikuti langkah – langkah blog yang tertera. Sedangkan untuk mengganti nama domain menjadi .sch.id. Anda cukup menggunakan jasa pengganti nama domain. Dengan begitu biaya operasional yang dikeluarkan tidak terlalu tinggi.

  1. Menggunakan wordpress

Cara membuat website sekolah yang gratis bisa dilakukan dengan wordpress. Sama halnya dengan blog, wordpress juga menyediakan pembuatan website gratis. Anda bisa pilih wordpress.com atau wordpress.org. Bedanya yang kedua Anda harus membeli nama domain dan hosting tersebut. Setelah itu, Anda bisa langsung mengganti domain menurut ketentuan pemerintah yakni sch.id.

  1. Menggunakan mysch.id

Langkah yang terakhir adalah dengan menggunakan layanan mysch.id. Bahkan cara membuat website sekolah yang satu ini juga tidak dipungut biaya. Terlebih lagi, pembuatan website ini sudah mendapatkan domain sekolah pada umumnya yakni sch.id. Untuk membuatnya juga cukup mudah. Anda cukup masuk dalam web dan buat seperti membuat blog dan wordpress. Anda bisa memilih salah satu paket, Anda bisa memilih paket gratis. Langkah berikutnya cukup masukkan nama domain sekolah dan profil sekolah. Langkah terakhir adalah dengan menentukan tema atau templete website tersebut.

Demikian beberapa cara membuat website sekolah yang mudah dan murah. Bahkan membuatnya ada yang gratis.