web design pemulaBagi banyak orang yang tidak tahu, membuat situs web sendiri mungkin banyak yang menganggap hal ini sulit. Tapi bagi orang yang sudah mencobanya, ternyata membuat situs web sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Orang yang tertarik membuat situs web sendiri cukup mencari tutorial cara membuat situs web sendiri bagi pemula.

Tutorial untuk pemula ini biasanya diarahkan untuk membuat situs web berbentuk blog. Membuat blog sendiri adalah cara yang paling baik dalam membagikan pengetahuan, ide, informasi dan keahlian ke dunia internet. Blog juga bisa dipakai sebagai sarana profesional, misalnya membuat blog usaha, untuk mempromosikan merek atau barang buatan sendiri, mempromosikan bisnis ataupun toko.

Membuat blog sendiri biasanya tidak akan memakan waktu jika sudah mengetahui cara membuat situs web sendiri. Bagi yang sudah mahir biasanya dapat selesai membuat situs web sendiri dalam waktu kurang dari dua jam. Bagi yang masih pemula dan belum dapat menentukan bentuk ataupun tampilan situs web yang akan dibuat, ini biasanya akan memakan waktu beberapa hari untuk research situs web apa dan tampilan apa yang pas. Walau memakan beberapa hari ini biasanya tidak akan memakan waktu seminggu. Tapi bagi pemula yang sudah mantap akan isi situs web yang akan dibuat biasanya sudah biasanya tinggal memilih tampilan dan ini biasanya hanya memakan waktu sehari saja.

Untuk membuat blog hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mendaftarkan diri di platform blog yang diinginkan. Di sini WordPress adalah platform yang biasanya digunakan banyak orang dan direkomendasi.

WordPress memiliki banyak kelebihan sebagai platform blog karena:

  • Merupakan platform gratis, tapi sangat disarankan untuk membayar menjadi pengguna premium jika mau membuat situs web yang serius
  • WordPress memiliki banyak pilihan tema tampilan dan design yang dapat digunakan baik bagi pengguna gratis maupun pengguna premium
  • Memilki forum dan komunitas yang cukup besar dan siap membantu (forum biasanya berbahas Inggris)
  • WordPress menawarkan banyak alat dan plug-in yang dapat membantu mengatur blog secara lancar dan efisien.

Bagi pemula yang baru akan belajar, tidak perlu menjadi premium member di WordPress untuk coba – coba. Cukup mendaftar dan membuat blog sesuai keinginan.

Hal pertama yang dilakukan setelah mendaftar sebagai pengguna gratis adalah menentukan domain yang akan dipakai. Domain di sini adalah alamat web yang digunakan untuk blog. Bagi pengguna gratis, domain akan berada di dalam lingkup WordPress dan harus mengikuti aturan – aturan WordPress. Semua aturan biasanya bisa di cek di halaman utama WordPress.

Usahakan domain yang digunakan tidak terlalu panjang dan menunjukkan isi dari blog. Contohnya adalah sebagai berikut: a-cinematalk(dot)wordpress(dot)com. Bagian “a-cinematalk” adalah domain blog, di sini domainmenunjukkan bahwa blog ini akan sering membahas tentang film dan hal – hal yang berhubungan dengan film. Bagian “wordpress” adalah tanda bahwa blog ini adalah buatan dari pengguna gratis, jika pengguna ingin serius membuat situs web maka bisa menjadi pengguna premium dan tulisan “wordpress” di domain-pun akan hilang.

Setelah membuat domain, waktunya menjadi kreatif. Tinggal atur penampilan blog sesuai tema yang tersedia dan isi blog yang telah dibuat dengan konten yang diinginkan. cara membuat situs web sendiri ternyata mudahkan!