wordpressWordPress adalah platform pembuat website online yang paling populer di Internet. Banyak penggunanya telah mengatakan bahwa menguasai WordPress merupakan jalan awal dalam membuat situs profesional tanpa harus belajar tentang program pengembangan web seperti HTML dan CSS secara serius. Pengetahuan HTML dan CSS dapat membantu menjalankan fungsi WordPress, namun hal ini tidak harus. Bagi yang ingin memulai untuk membuat website secara online, membuat website menggunakan WordPress adalah salah satu cara buat website online yang dapat dibilang paling mudah.

Berikut adalah alasan – alasan mengapa WordPress populer digunakan:

  • Tidak perlu belajar HTML dan CSS secara serius dalam penggunaannya.
  • WordPress menyediakan fitur banyak dan mudah dipahami jika dibanding program pembuat website lain.
  • WordPress memberikan template dan tema tampilan bagus dan fleksible sehingga dapat diatur sesuai keinginan.

Cara buat website online menggunakan WordPress perlu menggunakan web hosting dan domain sebelumnya. Kedua hal ini bisa didapatkan dengan mendaftar premium di BlueHost atau HostGator. Kedua website ini menyediakan jasa pendaftaran web hosting dan juga domain. Setelah melakukan pembayaran langsung menginstal program WordPress dari menu BlueHost atau HostGator dan dapat langsung memasukkan nama domain. Pilihan mendaftar domain dan web hosting ini bisa dilompati jika hanya ingin membuat website yang tidak serius atau coba – coba.

WordPress sendiri merupakan platform gratis untuk website, tapi nantinya bentuk website gratis dari WordPress adalah blog dan berada di control dan aturan wordpress. Fitur dalam WordPress yang gratis pun tidak sebagus WordPress premium.

Memiliki domain sendiri lepas dari ikatan dengan WordPress sangatlah penting jika website yang dibuat memiliki tujuan profesional contohnya untuk jualan dan bisnis. Nama domain penting untuk membuat para pengunjung mengetahui konten yang ada di website. Saat menggunakan domain free nama website yang muncul biasanya diikuti dengan kata – kata WordPress dibelakangnya.

Contoh dari kasus nama domain ini misalnya untuk website yang berfokus untuk membicarakan tentang berita cinema dan film. Pembuatnya ingin nama domain yang menarik dan memutuskan untuk memilih cinema-talk(dot)com. Jika dia menggunakan WordPress free dia tidak bisa melakukannya, dia hanya bisa membuat cinema-talk(dot)wordpress(dot)com. Tentu penampilan nama domain jadi terlalu panjang dan kurang profesional. Jika pembuatnya ingin nama domainnya sesuai keinginannya dia harus membayar paket WordPress premium.

Setelah memiliki domain sendiri, cara buat website online tahap selanjutnya adalah mengatur penampilan dan alat dalam website. Dalam WordPress biasanya akan ada banyak pilihan tampilan yang bisa digunakan sebagai basis penampilan situs. Usahakan template dan tema yang dipilih sesuai dengan keinginan dan juga konten yang ditampilkan. Setelah memilih tampilan langkah berikutnya adalah mengisi website ini dengan tool dan konten. Situs bisa diisi dengan link yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain, tool untuk membantu mecari konten, tool untuk menampilkan animasi dan lain – lain. Tool bisa dicari di internet karena banyak yang menyediakannya. Untuk konten ini terserah dengan keperluan yang dibutuhkan.

Setelah persiapan penampilan dan tool siap maka tahap terakhir adalah mengisi website yang telah dibuat online menggunakan WordPress ini dengan konten yang diinginkan. Mudah bukan? Silahkan mencoba sendiri dulu dengan mendaftar gratis di WordPress dan mencoba – coba fasilitas blog-nya jika tertarik.