pilih domainBagaimana cara membuat website bagi pemula? Pasti pertanyaan ini muncul di benak Anda ketika pertama kali ingin membuat website tetapi tidak mengetahui langkah awal apa yang harus dilakukan. Nah, jangan khawatir dalam kesempatan ini kami akan mengulas terkait langkah-langkah untuk membuat website bagi pemula. Sebelum memasuki tulisan terkait langka-langkah tersebut sebaiknya kalian tahu dulu perbedaan website dengan blog ya, terkadang orang masih rancu dengan kedua kata ini.

Website merupakan sekumpulan halaman-halaman elektronik yang terdaftar dalam alamat domain tertentu serta diatur penuh oleh pengembangnya. Halaman-halaman tersebut terus diupdate inilah yang dinamakan dengan blog. Jadi blog merupakan salah satu bentuk website. Meskipun suatu website belum tentu blog.

Sebelum membuat website, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan diantaranya.

  1. Memilih domain yang akan digunakan

Ada banyak jenis domain yang tersedia untuk website seperti .com; .net; .org; .mobi; .biz; .gov; .info; .edu; .tv; co; .me. Pilihlah yang sesuai dengan keinginan anda atau tujuan pembuatan website tersebut. Jika untuk berbisnis sebaiknya menggunakan domain .com karena banyak orang telah familiar sehingga domain ini bisa dengan mudah untuk diingat. Sedangkan website yang terkait pendidikan sebaiknya menggunakan domain .edu, sedangkan website domain yang terkait dengan pemerintahan lebih baik menggunakan .gov.

Untuk nama domain sangat disarankan menggunakan 3 kata yang terdiri dari 2 kata kunci dan 1 brand yang Anda miliki.

  1. Memilih dan Membeli paket hosting

Banyak jenis paket hosting yang ada dipasaran seperti shared hosting, dedicated hosting, dan Virtual Dedicated Server (vps). Saya sarankan hosting yang Anda pilih sebaiknya jenis hosting vps, bukan tanpa alasan saya merekomendasikan jenis ini. Hosting vps harganya murah dengan spesifikasi yang terbaik. Spesifikasi yang dimiliki diantaranya: a) tidak sering down; b) tidak mudah memblokir robot mesin pencarian dengan tidak sengaja; c) situs keamanan yang terus terjaga; dan 4) memiliki time first byte yang baik (kurang dari 1 detik).

Website dapat dubuat melalui 2 cara yaitu menggunakan sistem yang sudah jadi atau membuat dari nol (melakukan kode sendiri dalam sebuah framework). Lalu bagaimana cara membuat website dengan cara tersebut.

  1. Membuat website dengan sistem sudah jadi

Cara membuat website ini sanagt direkomendasikan bagi Anda yang masih minim pengetahuan terkait pembuatan website. Caranya dengan menggunakan CMS (Content Management Server) seperti blospot atau wordpress. Dalam artikel ini saya memilih salah satu CMS yaitu blogspot.

Langkah-langkah bagaimana cara membuat website dengan CMS blogspot.

  1. Bukalah website blogspot di Blogspot.com
  2. Setelah itu pilih ikon blog baru di dashboard web
  3. Kemudian akan muncul POP UP seperti Judul, Alamat, dan Template. Isilah POP UP tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan
  4. Sebelum mengisi POP UP tersebut pastikan
  5. Judul berisi kata kunci yang Anda targetkan, untuk brand tittle sebaiknya ditaruh dibelakang
  6. Untuk subdomain pilih kata kunci utama, dan tunggulah konfirmasi apakah sub domain yang Anda pilih tersedia.
  7. Jika seorang pebisnis dianjurkan untuk menggunakan subdomain .com dengan biaya Rp 125.000/tahun
  8. Jika sudah selesai langkah diatas klik buat blog.
  9. Cara membuat website dari Nol

Untuk membuat website sendiri anda perlu mempelajari pengetahuan terkait HTML, PHP, dan MySQL. Fungsi-fungsi pengetahuan tersebut meliputi:

  • HTML. Berfungsi untuk mengatur tampilan desain kolom dari halaman website
  • PHP. Berfungsi bagaiaman cara memanggil dan menampilkan data, pengolahan data serta fungsi-fungsi lainnya.
  • MySQL. Berfungsi untuk mengorganisir database website untuk memudahkan penimpanan dan pengambilan data dengan benar.

Bentuk dasar website sebagai berikut

<html>

<head>

isi dari head section pada halaman web anda

</head>

<body>

isi dari body section pada halaman web anda

</body>

</html>

Head merupakan bagian halaman website dimana tempat meletakkan beberapa elemen pengaturan yang tidak dapat ditempilkan kepada pengunjung website. Pada bagian ini Anda meletakkan meta diskripsi, tittle tag, dan CSS.

Body merupakan bagian halaman website yang akan tampil pada layar computer atau mobile phone pengunjung yang melihat website Anda. Tampilan website bergantung pada CSS yang Anda letakkan pada bagian head.

Nah, demikian informasi terkait bagaiamana cara membuat website yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi bagaimana cara membuat website ini bisa bermanfaat untuk Anda.